Kamis, 27 November 2008

The First Futsal Championship using Statistic Program in Indonesia

BANDUNG UNIVERSITY FUTSAL COMPETITION

The First Futsal Championship using Statistic Program in Indonesia

Persatuan Sepakbola ITB adalah suatu unit kegiatan mahasiswa di ITB yang bergerak di bidang sepakbola. Seiring dengan perkembangan zaman, PS ITB juga mengembangkan Futsal. PS ITB sebagai suatu unit sepakbola mempunyai sejarah panjang yang berkontribusi untuk kemajuan sepakbola di Kota Bandung, diantaranya Liga mahasiswa Jawa Barat (disebut juga LSMJB) pada tahun 1987 diinisiasi oleh PS ITB dimana sekarang kejuaraannya masih berlangsung di bawah PSSI.

Pada bulan Maret 2008, PS ITB berhasil membuat Ganesha Futsal Challenge yang dijuarai UPI di kategori putra dan UNJ di kategori putri. PS ITB juga aktif mengadakan berbagai kejuaraan internal di ITB. Selain mengadakan berbagai kejuaraan tersebut, PS ITB juga aktif dibidang penelitian. Sesuai dengan bidang keahliannya yaitu teknologi, PS ITB saat ini mengembangkan aplikasi program statistik futsal. Proses penelitian program statistik ini telah berlangsung selama 2 tahun dan terus mengalami berbagai penyempurnaan.

Program statistik futsal yang dikembangkan PS ITB dapat menghitung jumlah passing per orang, shooting, steal, turn over, goal, assist, dan berbagai variabel dalam futsal yang dapat digunakan untuk menganalisa pertandingan. Program ini telah diuji coba di Indonesian Futsal League 2008 yang diadakan di 3 Kota, yaitu Bandung, Yogyakarta, dan Jakarta. Keberadaan program ini dalam event tersebut mendapat apresiasi yang bagus dari pelatih-pelatih tim peserta Indonesian Futsal League, sebab untuk ke depannya dapat digunakan untuk mengevaluasi permainan tim serta menentukan porsi latihan yang tepat. Pada proses pengujian di Indoesian Futsal League, program statistik ini diakui memang belum sempurna, namun dengan uji coba tersebut program ini telah mendapat masukan yang baik untuk penyempurnaan ke depannya.

Bandung University Futsal Competition akan menjadi suatu media dalam menguji program statistik ini secara full. Kejuaraan ini akan diadakan di GOR Citra Arena pada tanggal 1-6 desember 2008, yang diikuti oleh 12 team futsal putra dan 6 tim putri dari universitas-universitas yang ada di Bandung. Kejuaraan ini akan menjadi kejuaraan futsal pertama di Indonesia yang disertai dengan program statistik. Diharapkan dengan adanya program statistik dalam kejuaraan futsal, akan meningkatkan prestasi atlet-atlet futsal khususnya di Bandung agar dapat berkiprah di kejuaraan nasional.

Tidak ada komentar: